Minggu, 20 Januari 2013

Contoh Proposal Pendirian Usaha

Diposkan oleh zegy patianom di 22.42
Reaksi: 

1.     LATAR BELAKANG


         Saat ini kebutuhan masyarakat menengah akan tempat berkumpul santai sambil mendapatkan informasi dari internet, sangatlah jarang terdapat di daerah – daerah pinggiran kota. Konsep warnet yang sudah menjamur saat ini sangatlah kaku dan monoton serta tidak berbeda jauh dari satu warnet ke wanet lain. Terdapat bilik – bilik dan terkesan sangat membosankan. Melihat peluang tersebut, maka kami berencana untuk membuat usaha warnet yang memiliki design elegan, santai, dinamis, unik dan futuristik sehingga cocok untuk dijadikan tempat bekumpul segala lapisan masyarakat.


2.     MAKSUD dan TUJUAN


       Maksud dan tujuan pendirian usaha warnet tersebut adalah agar masyarakat dapat lebih dekat dengan teknologi yang saat ini telah berkembang dengan cepat, lebih khususnya Internet. Adapun cakupan tujuannya adalah sebagai berikut:
       a) Tujuan Sosial
           - Menyediakan informasi dan hiburan bagi masyarakat sekitar
           - Sebagai tempat berkumpul dengan komunitas / kerabat di waktu senggang.
       b) Tujuan Komersial
           - Untuk mendapatkan keuntungan.
           - Lahan berwirausaha dan berinovasi


3.   KEBUTUHAN SDM
       
      Kebutuhan SDM untuk warnet tidaklah banyak seperti beberapa sektor usaha lainnya. Berikut ini adalah daftar SDM yang diperlukan untuk pembuatan warnet secara umum:
         - Konsultan warnet
         - Tenaga ahli networking
         - Tenaga ahli komputer

Dari beberapa komponen diatas kami dapat mengeliminasi 3 SDM dan akan kami tangani sendiri sehingga menghemat anggaran.


4.    NAMA USAHA


     Usaha yang akan dijalankan akan diberi nama “FUNNET”, nama tersebut kami ambil dari konsep warnet yang akan dijalankan yaitu warnet dengan nuansa yang fun untuk berkumpul.


5.     RENCANA LOKASI USAHA

         Dalam mencari lokasi usaha kami memiliki beberapa parameter untuk mendapatkan jawaban apakah lokasi tersebut cocok atau tidak, diantaranya :

       
1. Mobilitas
         Mobilitas dalam artian yang kami maksudkan adalah kegiatan yang sering di lalui di depan tempatg usaha. Dengan mobilitas yang tinggi , maka akan memungkinkan FUNNET mulai ‘dilirik’ dan diketahui oleh pengunjung yang ingin menghabiskan waktunya di tempat ini.


2. Akses jalan utama dan area parkir yang memadai
          Dengan mempertimbangkan akses jalan utama , maka akan memudahkan pengunjung untuk datang ke FUNNET. Area parkir pun harus dibuat pas dengan perkiraan jumlah pengunjung yang datang sehingga kenyamanan parkir dapat dijamin.


3. Jumlah pesaing
       Dengan memilih daerah yang memiliki jumlah pesaing yang sedikit, maka peluang kami untuk menjangkau konsumen akan semakin besar.


4. Di daerah pemukiman padat
      Semakin banyak jumlah penduduk yang ada di sekitar warnet semakin memperbesar peluang mendatangkan pengunjung.


5. Dekat pusat keramaian
          Keuntungan dengan posisi warnet yang dekat dengan pusat keramaian atau tempat berkumpul banyak orang misalnya sekolah, masjid, kantor pemerintah, pasar dan lain-lain. Salah satu keuntungannya adalah menghemat biaya promosi, karena banyak orang yang mengetahui keberadaan warnet.


6. Keamanan
        Keamanan merupakan hal utama dalam membuka bisnis, sehingga sebelum membuka warnet, dilakukan survei tingkat kriminalitas di wilayah tersebut.


7. Kebersihan
       Kebersihan merupakan faktor penting penentu keberhasilan usaha warnet ini, dengan konsep fun yang kami gadang-gadangkan akan menjadi timpang apabila lingkungan dalam dan luar warnet tidak bersih.


8. Area bebas banjir
         Mengingat usaha yang akan kami jalankan adalah warnet yang berhubungan langsung dengan perangkat elektronik, maka area yang bebas banjir juga merupakan hal vital yang harus terpenuhi.


6.      TARGET PELANGGAN


      Target pelanggan utama kami adalah masyarakat yang memiliki usia < 40 tahun dimana pada usia tersebut mereka banyak yang membutuhkan akses internet yang cepat untuk mengerjakan tugas kuliah, sekolah, ‘nongkrong’ , berkumpul dengan komunitas , meeting , hang out dan lain-lain. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk pelanggan yang memiliki usia di atas 40 tahun sebagai tempat untuk bersantai dan melepas kepenatan.


7.    JENIS USAHA

       Jenis usaha yang direncanakan selain warnet dan kafe itu sendiri, sesuai dengan SDM yang kami punya adalah :
        1.Internet Lounge / Warnet
        2.Kafe
        3.Digital printing
        4.Service komputer
        5.Penjualan voucher pulsa handphone
Target kami adalah melayani pelanggan dengan konsep full service serta membuka cabang – cabang baru dengan konsep yang berbeda namun tidak mengurangi kenyaman pelanggan di setiap cabangnya.


8.    KEUNGGULAN KAMI
         
Berbeda dengan warnet di tempat – tempat lain , kami memiliki beberapa keunggulan diantaranya :
  • Semua instalasi software, jaringan LAN, router dan proxy server dapat kami lakukan sendiri, dengan    demikian tidak perlu menganggarkan dana untuk jasa dari pihak ketiga
  • Konsep dari warnet yang akan kami buat berbeda dari para pesaing, dan masih sangat jarang dijumpai bahkan di perkotaan.
  • Harga yang kami tawarkan terjangkau bagi seluruh lapisan masyarakat, akan tetapi kualitas pelayanan diberikan secara maksimal dan memuaskan.
  • Ada fasilitas kafe dan tempat bersantai yang cukup luas.
  • Full instrument music sehingga pengunjung dapat merasa tenang dan nyaman.

9.   RINCIAN MODAL DAN PREDIKSI “BREAK EVEN POINT”
       
Berikut ini merupakan perhitungan modal yang diperlukan untuk memulai usaha FUNNET :

  1. Sewa ruko pertahun Rp 20.000.000,00
  2. 10 Komputer Client (Rp 4.000.000,00 @Komputer) Rp 40.000.000,00
  3. 1 Buah Komputer Server Rp 5.000.000,00
  4. Desain dan Properti Ruangan Rp 15.000.000,00
  5. Properti Dapur dan bahan baku Rp 10.000.000,00
  6. Intalasi jaringan, tower, kabel dan paket internet providerRp 6.000.000,00
  7. Biaya Listrik dan Air Rp 1.000.000,00
  8. Biaya spanduk dan advertising Rp 1.000.000,00
  9. 8 Orang Tenaga Kerja Rp 2.000.000 @ orang Rp 16.000.000,00

Total modal yang dibutuhkan Rp124.000.000,00

Sedangkan berikut ini merupakan perhitungan pemasukan yang akan didapat dan kemungkinan break even point pada usaha ini :

  1. Pendapatan warnet dari tiap PC dengan asumsi tarif Rp. 5.000 / jam dan penggunaan selama 10 jam perhari (Rp. 5.000 x 10 jam x 10 PC x 30 hari) Rp. 15.000.000.00
  2. Pendapatan / laba bersih dari kafe setiap bulan Rp. 5.000.000.00
  3. Laba bersih dari digital printing dan service komputer sebulan Rp. 3.000.000.00
Total Laba setiap bulan Rp. 23.000.000.00


Kemungkinan Break Even Point dalam :
124.000.000 / 23.000.000 = kurang lebih 5,4 – 8 bulan dengan asumsi pendapatan stabil , fluktuasi pendapatan tidak berbeda jauh dan beban penyusutan modal kurang lebih 2,5% - 10% pertahun.


10.    TENAGA KERJA

  1. 1 orang Admin
  2. 1 orang Shop Keeper
  3. 2 orang Waitress
  4. 2 orang Operator
  5. 2 orang Koki / chef


11.     RENCANA KERJA
  1. Jangka Pendek. Untuk perencanaan jangka pendek kami mencoba mempromosikan “COZZY’NET” kepada masyarakat luas beserta fasilitas didalamnya. Biasanya membutuhkan waktu sekitar 1-3 bulan.
  2. Jangka Menengah. Perencanaan jangka menengah, kami mencoba untuk mengumpulkan masukkan dari konsumen tentang pelayanan kami dan mencoba untuk memenuhi permintaan konsumen yang dianggap masih kurang. Kemudian akan menambah perangkat tambahan seperti headset mic pada setiap PC, menambah sofa atau properti lain untuk fasilitas hang-out dan menu makanan – minuman lain untuk memanjakan pengunjung. Membutuhkan waktu sekitar 3 bulan sampai 1 tahun.
  3. Jangka Panjang. Jika mendapat respon dan tanggapan positif dari konsumen dimungkinkan kami akan membuka satu fasilitas tambahan yaitu lapangan futsal dan menjual accessoris komputer dan ponsel seperti kabel , memori , monitor , dan lain - lain. Perencanaan ini kami patok untuk jangka 1 tahun ke depan.


12.     HAMBATAN dan SOLUSI
 
Ada beberapa kemungkinan hambatan yang mungkin terjadi dalam pemasaran “FUNNET", diantaranya:

  1. Kurangnya minat dari masyarakat tentang hal baru (gabungan dari warnet dan kafe)
  2. Ada beberapa kerusakan komputer dan jaringan
  3. Kerusakan fasilitas yang dilakukan karena kelalaian konsumen
  4. Peraturan Pemerintah tentang Izin Pembukaan Usaha yang khusus
  5. Keamanan Tempat


      Solusi yang dilakukan untuk meminimalisir hambatan tersebut antara lain: kami akan mempromosikan usaha kami dengan membuat pamflet dan membagikan brosur di beberapa tempat (dan jika perlu diiklankan). Untuk kerusakan komputer tiap minggu dimungkinkan diadakannya maintenance komputer. Dari sisi keamanan kami akan menambah fasilitas tambahan yaitu “CCTV” dan menambah satu orang untuk menjaga keamanan. Sebaik mungkin kami akan memenuhi syarat dari hak usaha yang diberikan pemerintah.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

punya enggak contoh konkrit proposal mendirikan tempat kopi mungil dengan 2 kompie untuk disewa dan ber wifi buat customer yang udah punya gadget sendiri kira2 berkapasitas 10 sd 12 org.. 6 table mugkin ... versi mini tempat ngopi ngetren kayak diparkiran plaza senayan...

 

Extraodinary Bloggy Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review