Rabu, 01 Desember 2010

Karakter Seorang Sahabat Sejati

Diposting oleh ZegyVioletaP di 01.07
Sahabat.. Di antara kita mungkin banyak yang memiliki sahabat di hidupnya. Sahabat adalah seseorang yang sangat dekat dengan kita, bahkan seringkali sahabat sudah di anggap sebagai saudara atau keluarga kita sendiri. Persahabatan pada umumnya di mulai saat kita bertemua dengan seseorang yang memiliki kesamaan minat, gaya hidup, atau bahkan cita-cita. Selain itu, seorang sahabat biasanya juga memiliki daya tarik yang membuat kita senang menghabiskan waktu bersama dirinya, baik dalam suka dan duka. Di dalam persahabatan, juga ada kebiasaan 'take and give' atau saling memberi dan menerima. 

Perlu diingat bahwa di dalam membangun suatu persahabatan dengan seseorang itu, pasti akan mempengaruhi karakter kita. Entah itu perubahan sikap, kebiasaan-kebiasaan, atau perilaku. Jika kita bergaul dengan seseorang yang pemalas, kita juga akan terpengaruh dengan sifatnya yang pemalas itu atau sebaliknya jika kita bergaul dengan seseorang yang rajin, suatu saat kita pasti akan terpengaruh dengan perilakunya yang rajin itu. Untuk itu ketika kita mencari seorang sahabat ada baiknya adalah seseorang yang bisa mempengaruhi hidup kita ke arah hidup yang baik, seseorang yang benar- benar dapat dipercaya dan setia. Bisa dikatakan seorang sahabat sejati. Lalu bagaimana cara kita bisa menemukan karakter sahabat sejati dalam diri seseorang??.. Berikut beberapa kriteria sahabat sejati :
  1. Sahabat yang sejati adalah seseorang yang bersedia untuk tidak sekadar menerima pemberian kita, tetapi juga memberi apa yang kita butuhkan. Ia mau berjalan bersama dengan kita, entah dalam suka dan duka. Artinya, ada pengaruh positif yang diberikan sahabat kepada kita.
  2. Kita dan sahabat juga harus saling menerima apa adanya. Ini termasuk status ekonomi, ras atau suku, pendidikan, bahkan agama sekali pun. 
  3. Seorang sahabat tidak hanya melulu menyenangkan hati. Ia juga tidak segan-segan memberi teguran apabila kita melakukan kesalahan. Ini karena ia tidak ingin sahabatnya jatuh ke dalam dosa. Tapi, sahabat yang baik tidak akan menegor dengan sewenang-wenang, melainkan dengan sopan dan dilakukan atas dasar kasih.
  4. Sahabat yang baik artinya seseorang yang bisa dipercaya, menguasai diri, dan tidak akan membuka aib termasuk berkomitmen untuk menjaga reputasi sahabatnya. Ini berarti dia tidak akan membuka rahasia pribadi sahabatnya demi keuntungan pribadi. Malahan, dia akan menutupi kesalahan sahabatnya itu, dengan terlebih dulu memastikan bahwa si sahabat sudah menyadari kesalahannya tersebut. 
  5. Sahabat sejati adalah seseorang yang rela berkorban demi sahabatnya. Syarat ini yang jarang kita temui pada diri seseorang. Seringkali seseorang takut atau ragu untuk mempertaruhkan sesuatu yang dia sukai atau bahkan hidupnya sekalipun demi sahabatnya. Rasa egois dalam diri seseorang seringkali muncul dan tidak mau membantu sahabatnya yang sedang mengalami kesusahan. 
Itulah beberapa tips karakter seorang sahabat sejati yang sebenarnya. Semoga dengan tips-tips yang ada dapat membantu kalian untuk menemukan seseorang yang pas untuk dijadikan sahabat sejati. Selamat mencoba !! 




0 komentar:

 

Extraodinary Bloggy Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review