Rabu, 10 November 2010

VIRTUAL REALITY

Diposting oleh ZegyVioletaP di 19.21
Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan object nyata maupun imajinasi. Dengan manggunakan teknologi Virtual Reality perusahaan dapat dengan mudah mengumpulkan reaksi konsumen terhadap rancangan mobil baru, tata letak interior rumah, eksterior rumah, dan tawaran potensial yang lainnya (Philiph Kotler). Istilah " realitas buatan ", diciptakan oleh Myron Krueger dan telah digunakan sejak tahun 1970, namun asal-usul istilah "virtual" realitas dapat ditelusuri kembali ke dramawan Prancis.

VRML merupakan kepanjangan dari Virtual Reality Modeling Language.VRML sendiri adalah suatu format komputer yang dapat menjelaskan object 3 dimensi untuk digunakan secara online maupun off line. VRML memiliki kemampuan menampilkan object 3 dimensi statis maupun dinamis dan object multimedia melalui hyperlink seperti text, suara, gambar, dan film.
Berdasarkan badan standarisasi internasional atau ISO, VRML memiliki dua standard. Bagian pertama merupakan (ISO/IEC 14772-1) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan text encoding pada bahasa pemrograman VRML. Bagian kedua ialah (ISO/IEC FDIS 14772-2) yang menerangkan tentang fungsi-fungsi standard dan semua penggabungan VRML dengan tata muka eksternal (www.web3d.org).

Hal-hal yang perlu diperhatikan didalam melakukan perancangan VRML untuk aplikasi mobile phone, ialah:
1. Device yang digunakan : keterbatasan dari segi device dapat berasal dari fitur yang dimiliki, merek, serta dukungan terhadap teknologi VRML.
2. Memory : besarnya alokasi memory pada perangkat mobile harus menjadi perhatian khusus didalam merancang aplikasi  
 


Virtual Reality banyak dipakai orang dalam menggambarkan berbagai aplikasi yang biasanya saling berhubungan dan sangat visual, serta di dalam sebuah lingkungan 3D.  Menggunakan sebuah pengembangan dari perangkat lunak CAD, grafik akselerasi hardware, kepala mount display, sarung tangan database dan miniaturisasi. Dalam sebuah buku The Virtual Reality Metafisika dari Michael R. Heim , tujuh konsep yang berbeda tentang realitas maya diidentifikasi: simulasi, interaksi, kepalsuan, perendaman, telepresence ,-tubuh pencelupan penuh, dan komunikasi jaringan. Banyak didapat dari peningkatan minat pada dampak sosial yang potensial dari teknologi baru, seperti virtual reality, seperti berikut ini :
  • Teknik ini akan dikembangkan untuk mempengaruhi perilaku manusia, komunikasi interpersonal , dan kognisi .
  • Ketika kita menghabiskan lebih banyak waktu dan lebih dalam virtual ruang, akan ada "bertahap" migrasi virtual untuk ruang, mengakibatkan perubahan penting dalam ekonomi, pandangan dunia, dan budaya.
  • Desain lingkungan virtual dapat digunakan untuk memperpanjang hak asasi manusia dasar menjadi ruang virtual, untuk mempromosikan kebebasan manusia dan kesejahteraan, dan untuk mempromosikan stabilitas sosial seperti yang kita bergerak dari satu tahap dalam pembangunan sosial-politik ke depan. 
  • Virtual realitas juga dapat digunakan untuk menginduksi mentransfer ilusi tubuh . 


0 komentar:

 

Extraodinary Bloggy Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review