Sabtu, 04 Desember 2010

Membuat Animasi dengan 3D Studio Max

Diposting oleh ZegyVioletaP di 09.12
3D MAX. Mungkin sebagian dari kita baru mendengar atau mungkin belum pernah mendengar nama ini. Apa sih 3D MAX??.. 3D MAX adalah sebuah software yang sering digunakan oleh seseorang yang merancang produknya menggunakan animasi 3 dimensi. Aplikasi canggih ini dirilis oleh sebuah perusahaan bernama Autodesk Media & Entertainment yang pada mulanya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Software ini memiliki kemampuan modeling yang kuat dan merupakan plugin architecture yang fleksibel dan bekerja dengan platform Microsoft Windows. 3D Studio MAX banyak digunakan oleh para pembuat video game, visualisasi architecture, design produk dan juga studio TV untuk pembuatan animasi.

Dalam 3D MAX dikenal dengan adanya metode pemodelan, antara lain :
  1. Pemodelan dengan primitif. Disini adalah metode dasar dalam 3D MAX yang merupakan sebuah pemodelan yang menggunakan bentuk-bentuk dasar atau primitif. Bentuk-bentuk dasarnya seperti bentuk kotak, bola, kerucut, limas, prisma silinder dan objek-objek dasar lainnya yang telah disediakan. Dalam metoda ini, pengguna juga bisa menggunakan operasi Boolean, penggabungan, pemotongan maupun pengurangan. 
  2. Surface tool
  3. NURMS (subdivision surfaces) 
  4.  NURBS 
  5.  Pemodelan polygon
Nah, bagi kalian yang ingin mencoba tapi belum paham sepenuhnya dengan software yang satu ini, tidak perlu kuatir karena akan ada sedikit tips bagi seorang pemula, antara lain :
  1. Kenali software secara benar-benar terlebih dahulu sebelum kita menginstal software ini. Misalnya dari segi ukuran software ini
  2. Kenali icon-icon yang ada pada toolbar pada software ini, seperti fungsi dan penggunaannya serta posisi pada toolbar untuk memudahkan Anda dalam proses perancangan.
  3. Mulailah dari membuat bentuk-bentuk dasar seperti bola, kotak, silinder dan sebagainya.
  4. Gunakanlah render-render sederhana terlebih dahulu untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh kecanggihan masing-masing fitur.
  5. Jangan berhenti ketika ada masalah atau ketidaktahuan, tanyakan pada orang yang sudah paham akan software ini dan pelajari semua tentang software itu dan ikutilah tutorial yang ada di dalamnya.


1 komentar:

soleman kawer mengatakan...

postingan yg benar2 bermanfaat, salam kenal..

 

Extraodinary Bloggy Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review